Senin, 23 September 2013

IkutLah Retret.



IKUTLAH RETRET
           
            Jadikanlah agenda anda bahwa minimal setahun sekali anda ikut retret. Tema-nya dapat berbeda-beda, semakin banyak tema retret yang kita ikuti semakin baik. Dengan ikut retret kita mendapat makanan rohani yang semakin mendekatkan diri kita pada Tuhan dan semakin mendorong kita untuk  mengasihi sesama. Singkatnya setiap kali ikut retret kita diingatkan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.
            Pernah pada suatu saat, selama beberapa minggu saya dihantui oleh perasaan curiga dan benci yang sangat berlebihan pada beberapa orang sehingga saya menjadi sangat stres, frustasi dan depresi. Kemudian saya ikut salah satu retret di Pertapaan Karmel, Ngadireso, waktu itu retret, ”Maria.”  Sepulang dari retret saya berubah menjadi merasa damai, tentram dan gembira.
Saya punya satu kelompok teman yang berkomitmen setiap setahun sekali ikut retret di Pertapaan Karmel, Ngadireso bersama-sama. Satu demi satu tema retret kami ikuti. Salah satu tema retret yang saya anjurkan agar anda ikuti adalah retret,  ”Penyembuhan luka-luka batin”. Kalau anda ingin tahu lebih lengkap mengenai reret ini tanyalah pada anggota persekutuan doa Karismatik di Paroki anda. Dalam retret ini banyak diajarkan tentang cara-cara mencapai kesehatan rohani dengan demikian juga kesehatan jiwa kita, dan juga termasuk kesehatan badan kita karena jiwa dan badan adalah dua hal yang tak terpisahkan. Penyakit badan yang merupakan manifestasi penderitaan jiwa dalam istilah kedokteran disebut psikosomatik. Selain itu juga, retret ini sangat baik bagi hubungan sosial kita. Banyak orang mengalami bahwa setelah mengikuti retret ini hubungan sosial mereka yang telah rusak dapat diperbaiki kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar