Senin, 23 September 2013

Kata Pengantar Dari Penyusun.



KATA PENGANTAR DARI PENYUSUN


            Buku ini saya tujukan terutama bagi sesama penderita sakit jiwa dan keluarganya, yang sangat menderita secara lahir maupun batin. Bila anda kesulitan membaca dan memahami buku ini, anda dapat meminta tolong saudara, tetangga, teman, atau sahabat baik anda untuk menerangkan dan membimbing anda, sehingga buku ini menjadi salah satu panduan untuk mencapai tujuan anda, yaitu “Sembuh dan tetap sehat.”
Namun sebenarnya menurut saya semua orang mengidap sakit jiwa, tetapi dalam komposisi yang berbeda-beda entah besar atau kecil, walaupun tidak secara resmi didiagnosa medis sebagai penderita sakit jiwa. Biasanya hal ini disebut luka-luka batin. Kepada orang-orang semacam ini jugalah, buku ini, saya tujukan. Karena semua orang mengidap luka batin, maka buku ini pada akhirnya saya tujukan bagi semua orang. Semoga buku ini dapat sedikit meringankan dan menghibur beban anda, sehingga anda menjadi lega dan mendapat ketenangan.
            Ketika saya menyusun buku ini, ada seorang biarawan yang menasehati saya agar saya berhenti karena kemungkinan besar akan gagal sebab bila seseorang menulis suatu solusi bagi para penderita sakit jiwa ia harus punya gelar kesarjanaan medis agar bisa diterima oleh orang banyak, padahal saya tidak punya. Namun saya berargumen bahwa biasanya orang-orang yang punya gelar kesarjanaan medis itu hanya berteori dan kalaupun punya pengalaman,  pengalaman itu adalah hasil dari mengamati, tetapi mereka sendiri biasanya belum pernah mengalami sendiri bagaimana rasanya menderita sakit jiwa dan berjuang untuk bisa sembuh dari penyakit ini.
Saya adalah penderita sakit jiwa yang karena berkat Tuhan disembuhkan dari penyakit yang mengerikan ini. Dan saya telah berjuang hari demi hari untuk bisa sembuh dan saya sadar bahwa perjuangan saya ini tidak akan pernah berakhir. Kini saya memberanikan diri untuk berbagi pada anda tentang     berkat-berkat Tuhan yang telah saya terima, pengalaman-pengalaman yang saya alami dan pengetahuan-pengetahuan yang saya temui  sehingga mampu menyembuhkan saya. Namun sebelumnya saya tekankan bahwa yang menyusun buku ini bukanlah saya tetapi lebih tepatnya Tuhan Yesus Kristus melalui perantaraan saya.
Walaupun buku ini banyak berisi ajaran-ajaran katholik dan kutipan-kutipan dari Alkitab dan tokoh-tokoh katholik, namun ide-ide dalam buku ini pada dasarnya bersifat universal, terbuka dan mampu menjangkau segala lapisan masyarakat dengan berbagai keanekaragamannya, namun bila anda bukan beragama katholik, saya sarankan sebaiknya anda sesuaikan dengan ajaran-ajaran agama anda sendiri.
Buku ini saya susun sedemikian rupa sehingga mudah dibaca dan tidak merepotkan anda, misalnya bila saya mengutip suatu ayat Alkitab, kebanyakan langsung saya lampirkan, agar anda tidak terlalu sering repot-repot membuka Alkitab, dan sumber dari pernyataan tertentu yang saya cantumkan langsung saya lampirkan di bawahnya, agar anda tidak perlu repot-repot melihat catatan kaki, dan saya menuliskan kata-kata saya seolah-olah saya sedang curhat pada seorang sahabat baik saya. Namun buku ini saya tulis dengan gaya renungan, dimana dalam setiap pembahasan saya mengajak anda untuk merenung dan mengambil kesimpulan sendiri tentang apa maknanya.
Baiklah saya tidak ingin berpanjang kata lagi. Inilah buku saya, selamat membaca. Semoga berguna bagi anda.

                                                                    
                                                                         Yohanes Winoto
                                                                                Penyusun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar